MENGATASI PONSEL ANDROID YANG TIDAK MERESPON SAAT LAYAR ATAU TOMBOL FISIK DI SENTUH "NGE-HANG"

broedi.com - Memang sangaat menjengkelkan jika kita sedang asik-asik main game, tiba-tiba smartphone kita ngehang, alias tidak merespon sama sekali saat layar atau tombol fisik disentuh, bahkan smartphone dengan ram 4gb pun masih bisa terkena masalah seperti ini. Jika smartphone kesayangan anda mengalami masalah ini, jangan dulu panik, broedi ada beberapa cara nih yang ingin dibagikan untuk mengatasi masalah ini.



Masalah seperti ini biasanyanya disebabkan oleh banyak software berat yang menumpuk atau bisa juga karena hardware mengalami panas yang berlebih, cara pertama yang bisa kita lakukan adalah mematikannya dengan menekan tombol power, namun masalahnya adalah smartphone tidak merespon sama sekali saat layar atau tombol fisik disentuh, otomatis tombol power juga tidak berfungsi, cara selanjutnya adalah dengan melepas baterai smartphone, diamkan hingga suhunya kembali normal, kemudian pasang lagi dan hidupkan.

Biasanya sampai tahap ini smartphone sudah kembali normal, namun apabila smartphone masih tetap nge-hang, ini cara terakhir yang harus anda lakukan :

  • Masuk ke menu recovery. Caranya pastikan smartphone dalam keadaan mati, lalu tekan kombinasi tombol tertentu, kombinasi tombol untuk masuk ke menu recovery setiap merek smartphone berbeda, bahkan untuk beberapa merek, lain tipe saja sudah berbeda. Namun tombol kombinasinya hanya seputar tombol home, power, volume up, dan volume down.

Cara masuk recovery Mode berbagai merekSmartphone android :
SAMSUNG : Tombol Power + Tombol Home, tekan bersamaan sampai masuk ke menu recovery.

ADVAN : Tekan tombol Power, setelah logo advan muncul, tekan tombol Volume Down hingga keluar gambar Android dan Segitiga + tanda seru /!\. Setelah itu tekan tombol Home (bisa juga tombol menu) untuk masuk ke recovery mode

EVERCOSS : Tombol Power + Tombol Volume Up, tekan bersamaan sampai masuk ke menu recovery.

LG : Tombol Home + Tombol Power +Tombol Volume Up, tekan bersamaan, tunggu sampai logo LG muncul, lalu lepas tombol home (tombol power + tombol volume up masih ditekan) tunggu sampai masuk menu recovery.

Untuk merek-merek lain anda bisa mencobanya dengan kombinasi  tombol power, volume up, dan volume down, biasanya hanya tombol volume up + tombol power, tombol volume down + tombol power, atau tombol volume up + tombol volume down + tombol power.

  • Selanjutnya, akan muncul banyak menu pada mode recovery, pilih Wipe Data/Factory Reset, pilihan ini fungsinya adalah untuk mengembalikan smartphone ke pengaturan pabrik (factory setting). Data-data yang tersimpan di memori telepon seperti kontak, sms, foto dan lain-lain akan terhapus. 
Catatan : Sebelum terlambat, penting untuk mem-backup data-data penting ke cloud, apabila terjadi hal seperti ini, atau hal-hal yang tidak diinginkan lainnnya yang membuat data-data penting tidak bisa diselamatkan, anda tidak perlu khawatir, karena anda sudah mem-backup nya.

Tunggu beberapa menit hingga proses penghapusan selesai, selanjutnya pilih Reboot System Now, Smartphone akan mati lalu hidup lagi secara otomatis dan akan kembali normal, pada proses ini, smartphone membutuhkan waktu lebih lama, jadi jangan panik, tunggu saja sampai selesai.



Tag : android
0 Komentar untuk " MENGATASI PONSEL ANDROID YANG TIDAK MERESPON SAAT LAYAR ATAU TOMBOL FISIK DI SENTUH "NGE-HANG" "

• berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan.
• dilarang berkomentar berbau pornografi, sara dan semacamnya.
• dilarang komentar spam.

Ayo langganan artikel broedi.com, gratis!

Back To Top