Mengatasi Papper Jam (Kertas tersangkut) pada Mesin Fotocopy Agfa x58

Mungkin masalah ini sering dialami oleh pengusaha fotocopy, Papper Jam atau dalam bahasa kitabisa diartikan kertas tersangkut. pasti sangat menjengkelkan apabila kita sedang bekerja dan dituntut untuk selalu cepat tiba-tiba kertas tersangkut didalam mesin fotocopy, pasti hal ini sangat menghambat, walaupun hal ini mudah untuk diatasi, tapi kalau terjadi berkali-kali akan frustasi juga kan, kenapa mesin fotocopy kita sering mengalami Papper Jam, ada beberapa sebab, diantaranya :
  • Kertas yang digunakan sudah usang(lecek)
  • kertas yang digunakan lembab
  • Karet penarik kertas sudah usang 
  • Sensor lemah
namun dari pengalaman saya, kebetulan saya buka usaha fotocopy kecil-kecilan dirumah, hal yang sering menyebabkan papper jam adalah karena kertasnya lembab, akibatnya kertas tidak lancar melewati roll-roll yang ada di mesin fotocopy sehingga tersangkut didalamnya.



nah disini kita akan membahas cara mengatasinya dan mencegah atau paling tidak meminimalisir kejadian Papper Jam, saya menggunakan mesin fotocopy Agfa x58, sekilas mirip dengan Canon NP6550, mesin yang saya gunakan ini rekondisi dari Jerman, soalnya bahasa di Layar Panelnya Jerman semua, hehe...mesin ini masih analog, jadul banget, tapi walaupun jadul, soal ketahanan berani diadu sama yang digital, selain itu juga mesin ini hemat dalam pemakaian tinta, perawatan yang tidak terlalu mahal karena sparepart mudah didapat dan hemat listrik, bagi anda yang ingin memulai usaha fotocopy kecil-kecilan, mesin tipe ini bisa menjadi referensi anda.

oke deh, berikut cara mengatasinya :
1. buka penutup mesin



2. buka kancingan dua tuas dengan cara diputar searah jarum jam, lalu tarik kertas yang tersangkut

3. kembalikan lagi tuas keposisi semula, lalu tarik sedikit besi kecil disamping sampai bunyi 'klik', atau bisa juga buka tempat keluarnya kertas dan tutup lagi.
nah sampai disini mesin fotocopy sudah kembali normal, kertas yang tersangkut tadi jangan digunakan lagi.

Cara untuk mencegah atau paling tidak meminimalisir Papper Jam adalah gunakan selalu kertas berkualitas, seperti yang umum digunakan adalah SIDU dan Mirage.

Tapi jika semua hal diatas sudah diatasi tetapi kertas masih tersangkut saat kertas akan keluar (kertas hanya keluar sebagian diujung) bisa dipastikan fotocopy anda mengalami sensor lemah, kalau sudah seperti ini, biar teknisi yang mengatasinya.
dan satu lagi menjaga agar kertas tidak lembab adalah simpan kertas dalam box, bisa box kayu, atau box sterofoam, disini saya menggunakan box sterofoam, karena lebih ringkas dan enteng, mudah dipindah-pindah,

lalu berikan lampu bohlam 5watt saat malam hari, terlebih lagi jika sedang musim hujan, hal ini mencegah kertas menyerap udara lembab yang mengandung air.







0 Komentar untuk " Mengatasi Papper Jam (Kertas tersangkut) pada Mesin Fotocopy Agfa x58 "

• berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan.
• dilarang berkomentar berbau pornografi, sara dan semacamnya.
• dilarang komentar spam.

Ayo langganan artikel broedi.com, gratis!

Back To Top