CARA MUDAH MENGUBAH BLOGSPOT.COM DENGAN DOMAINMU SENDIRI

Menggunakan domain untuk blog kita merupakan kebanggaan tersendiri, blog kita akan terlihat lebih profesional, pengunjung lebih percaya akan isi konten yang kita buat, dan yang pasti akan menaikkan trafik untuk blog kita.

Banyak orang beranggapan bahwa memasang domain dilakukan ketika pengunjung blog mereka sudah ramai, itu salah, memang sah-sah saja untuk melakukan itu, tapi menurut saya yang tepat adalah saat kamu yakin kamu akan serius ngeblog dan punya dana, tentukan nama blogmu dan belilah domain sesuai budgetmu, tidak mahal kok, untuk domain sepopuler .com dan .net,  hanya sekitar Rp.115.000, belum lagi jika ada diskon dan sebagainya, seperti kemarin belum lama ini domain .id digratiskan, padahal harga aslinya sekitar Rp.250.000 - Rp.550.000. walaupun blogmu sepi pengunjung jangan khawatir, ini hanya masalah waktu, dengan memasang domain, blogmu akan lebih mudah dikenal, dan kalau kamu terus konsisten memberikan artikel-artikel yang baik, dan rajin promosi pasti blogmu akan ramai pengunjung, untuk membangun blog sebuah blog yang besar memang harus sabar, makannya banyak blog yang pengunjungnya ramai jika dijual arganya sangat mahal, yah karena membangunnya juga sangat tidak mudah dan tidak instan.

bila kamu belum membeli domain, baca artikel ini : cara membeli domain di rumahweb

Untuk cara memasang domain pada blogspot bisa dibilang susah-susah gampang, dalam tutorial ini adalah saya memasang domain yang saya beli dirumahweb untuk dipasang diblogger, jika kamu beli di penyedia domain lain mungkin langkahnya sedikit berbeda, tapi intinya sama. Berikut adalah langkah-langkanya :

1. masuk ke dasbor blogger > setelan, masukkan domain yang sudah kamu beli, klik "simpan"
 

2. akan muncul pesan kesalahan, tidak apa-apa, itulah tujuannya, sekarang cat di notepad atau di kertas tulisan yang dikotak merah.

jangan lupa ini juga sekalian dicatat :

216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21



3. sekarang buka halaman http://clientzone.rumahweb.com ditab baru, login menggunakan email dan passwordmu, lalu klik "list domain saya".


4. klik tanda panah kebawah > kelola domain

5. buka akun emailmu, verifikasi lewat email yang dikirim pihak rumahweb, bila sudah verifikasi kembali lagi ke halaman clienzone, refresh halaman.


6. bila sudah, klik "Managed DNS"
 7. klik "start"

8. klik "update"

9. Sekarang klik "Add New Record"

10. keluarkan catatanmu, isikan sama seperti gambar dibawah

domain : www
TTL : 14400
Rcerd Type : CNAME
Hostname : ghs.google.com

bila sudah, klik "Add Record"

11. lakukan seperti langkah nomor 10.


domain : isi dengan kombinasi huruf dan angka dibawah www (lihat gambar nomor 2)
TTL : 14400
Rcerd Type : CNAME
Hostname : isi dengan kombinasi huruf dan angka dibawah ghs.google.com
(lihat gambar nomor 2)

setelah selesai klik "Add Record"

12. untuk selanjutnya, agar blobmu bisa diakses tanpa www, kita perlu memasukkan 4 DNS lagi, sekarang buka catatan 4 barisan angka yang saya minta untuk dicatat tadi.

216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

Domain : kosongkan
TTL : 14400
Record Type : A
IP or Hostname : isikan dengan DNS baris pertama. 



setelah selesai klik Add Record", ulangi langkah diatas, lalu pada kolom IP or Hostname masukkan DNS baris kedua, lalu lanjutkan input baris ketiga dan keempat. saya yakin kamu paham dilangkah ini.

13. selanjutnya kembali lagi ke tab blogger, klik "simpan"


14. selanjutnya klik "edit"

15. centang pada "alihkan yourname.com ke www.yourname.com"


Sampai disini pemasangan domain pada blogmu sudah berhasil, apabila ada yang mengunjungi blogmu menggunakan URL blogspotmu otomatis akan teralihkan ke domain barumu, namun blogmu belum bisa diakses setelah pemasangan, baik itu melalui url blogspotmu atau melalui domain barumu, tunggu 1x24jam sampai blogmu bisa diakses kembali.

menurut pengalaman saya, blog sudah bisa diakses dengan domain baru tidak lama setelah pemasangan, namun belum berjalan normal, kadang bisa diakses kadang tidak, hingga akhirnya bisa diakses normal di keesokan harinya.

bila 1-2 hari setelah memasang domain di blogspot kamu mengalami masalah domain tidak bisa diakses mungkin ini masalah propagasi DNS domain. Propagasi DNS tergantung dari DNS koneksi yang kita gunakan. Biasanya jika menggunakan Google public DNS bisa update cepat hingga akhirnya domain kita bisa diakses (resolve). jadi jangan khawatir ya.

bila ada yang tidak jelas atau ada pertanyaan silahkan tinggalkan pertanyaan lewat kolom komentar.

0 Komentar untuk " CARA MUDAH MENGUBAH BLOGSPOT.COM DENGAN DOMAINMU SENDIRI "

• berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan.
• dilarang berkomentar berbau pornografi, sara dan semacamnya.
• dilarang komentar spam.

Ayo langganan artikel broedi.com, gratis!

Back To Top