Apakah Blogmu Sudah Mobile Friendly? Cek Disini !

Untuk membahas lebih lanjut apakah blogmu sudah mobile friendly atau belum, disini saya akan menjelaskan apa itu mobile friendly, untuk para master blogger pasti sudah tahu apa itu mobile friendly, jadi artikel ini ditujukan bagi para newbie seperti saya.

Pernahkah kamu melihat ada tulisan mobille friendly seperti gambar dibawah saat browsing menggunakan perangkat mobile?


apa arti dari tulisan "mobile friendly" itu? 

Mobile Friendly disini menandakan bahwa situs tersebut bersahabat dengan tampilan mobile.

Apakah penting Mobile Friendly untuk blog kita?

Penting, soalnya situs/blog yang memiliki label Mobile Friendly lebih diprioritaskan oleh mesin pencari Google, hal ini berkaitan dengan sistem MobileGeddon.

Apa itu MobileGeddon?
 
MobileGeddon adalah sistem baru dari google yang diluncurkan pada tanggal 21 April 2015, sistem ini diluncurkan seiring dengan meningkatnya pengakses internet dari perangkat mobile mengalahkan pengakses internet dari perangkat desktop, tujuan dari sistem ini adalah untuk memprioritaskan situs atau blog responsive dalam pencarian Google, agar pengguna mobile lebih nyaman untuk berselancar lewat perangkat mobile.

Lalu apa akibatnya jika situs atau blog yang tidak mobile friendly?

Walaupun akibat dari blog yang tidak mobile friendly hanya terjadi di perangkat mobile namun dengan fakta bahwa pengakses internet lebih banyak adalah pengguna mobile daripada  pengguna desktop tentu ini sangat merugikan situs atau blog kita, dimana situs atau blog yang tidak mobile friendly tidak ada dalam urutan teratas, walaupun saat diakses lewat perangkat desktop berada diurutan teratas, dengan adanya sistem MobileGeddon, saat kamu mengetikkan keyword yang sama di perangkat desktop dan mobile, hasil pencariannya berbeda.

Tapi bukan berarti situs atau web yang tidak mobile friendly tidak ada dalam pencarian, situs atau blog yang tidak mobile friendly  tetap muncul di pencarian google, tapi letaknya dibawah situs atau blog yang mobile friendly, bisa dihalaman kedua, ketiga dan seterusnya, dan biasanya ada label “slow to load” dengan gambar tanda seru, ketika diklik, situs akan terbuka didalam GoogleWeblight, tujuannya mengurangi beban data agar tidak terlalu lama untuk membukanya, walaupun masih terasa lambat menurut saya.



Lalu bagaimana agar situs atau blog kita jadi mobile friendly?

Caranya mudah, untuk membuat agar situs atau blog kita jadi mobile friendly adalah dengan  mengurangi penggunaan widget yang tidak penting, kurangi penggunaan gambar dengan ukuran berat dalam artikel, sebaiknya gambar dikompres terlebih dahulu dan mengganti template dengan template yang mampu diakses dengan baik melalui prangkat mobile, atau disebut juga template  responsive.

Responsive adalah desain yang mampu diakses melalui prangkat mobile dengan baik.
 

Untuk blogger, banyak sekali template berlabel responsive yang bisa didownload di internet baik itu gratis atau berbayar, pakailah salah satunya.


Mungkin kalian ada yang penasaran apakah situs atau blognya mobile friendly atau tidak, walaupun di pencarian Google situs atau blognya tidak ada label “Mobile Friendly”  bukan berarti blogmu tidak mobile friendly, untuk lebih pastinya bisa dicek di https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/


Semoga artikel diatas dapat membantu untuk membuat blog kita menjadi mobile friendly.
 
Tag : tekno
0 Komentar untuk " Apakah Blogmu Sudah Mobile Friendly? Cek Disini ! "

• berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan.
• dilarang berkomentar berbau pornografi, sara dan semacamnya.
• dilarang komentar spam.

Ayo langganan artikel broedi.com, gratis!

Back To Top