MENGATASI PENYERAPAN TINTA HAMPIR PENUH/INK ABSORBE FULL PADA PRINTER CANON

broedi.com - Setiap printer saat digunakan untuk mencetak, akan menghasilkan limbah tinta, limbah ini dibuang dibagian belakang printer, terserap busa bawaan dari printer, tapi lama-kelamaan busa penyerap limbah tinta ini akan penuh, dan apabila hal itu sudah terjadi, akan muncul pesan seperti ini

Pesan itu muncul setiap anda akan mencetak, itu bertanda bahwa penyerap limbah tinta sudah hampir penuh, tandanya anda harus segera membuang limbah tinta tersebut, namun jika anda masih dalam situasi sedang mencetak, anda tetap bisa meneruskan mencetak dengan menekan tombol start.

Oke langsung saja, sebelum kita akan memperbaiki printer, terlebih dahulu siapkan obeng plus, botol tinta bekas, double tape, cutter, sarung tangan karet dan tissue, lap kain halus juga bisa. Hal pertama yang kita lakukan adalah membongkar bagian belakang, gunakan obeng plus untuk membukanya, hati-hati ya.


Selanjutnya gunakan sarung tangan karet agar limbah tinta tidak belepotan ke tangan, lalu gunakan tissue atau lap kain untuk menyerap limbah tinta, lakukan berulang-ulang sampai limbah tinta terlihat habis, tekan-tekan busa penyerapnya agar tinta yang berada didalam busa keluar dan terserap oleh tissue.

Agar dikemudian hari hal ini tidak terjadi, sebaiknya anda membuat wadah tinta pembuangan, jadi nanti limbah tinta tidak akan berada didalam, tapi akan langsung dibuang diwadah yang akan kita buat, jadi kita hanya cukup membuang limbah tinta dari luar tanpa harus membongkar-bongkar printer lagi.

Lubangi penutup printer yang kita lepas tadi menggunakan ujung cutter, hati-hati jangan sampai retak


Selanjutnya lubangi botol tinta sebagai wadah pembuangan


Pasang kembali penutup printer dengan posisi selang pembuang tinta berada diluar melalui lubang yang kita buat tadi


selanjutnya beri botol tinta double tape agar menempel ke printer, masukkan selang pembuangan kedalam botol.


Belum selesai sampai disitu, langkah selanjutnya adalah mereset printer, sebelum direset, buat printer dalam keadaan service mode, caranya :
  • Tekan dan tahan tombol “Stop / Reset” pada printer.
  • Tekan juga tombol "power" pada printer, jadi sekarang posisinya tombol "Stop/Start" dan "Power" sama-sama ditekan.
  • Lepas tombol “Stop / Reset”, tanpa melepas tombol “Power” pada printer.
  • Pada posisi tombol "Power" masih ditekan, tekan “Stop / Reset” sebanyak enam kali untuk mp230 series dan lima kali untuk ip2770 series.
  • Kemudian lepaskan kedua tombol secara bersamaan.
Printer anda sudah dalam mode servis, selanjutnya anda reset menggunakan aplikasi resetter service tool v3400, bisa anda download di internet.

Buka aplikasi resetternya
Pada bagian Clear Ink Counter, Absorber : Main, lalu klik "set" yang berada satu baris disebelah kanannya, printer akan mencetak.
kemudian klik "Eeprom" printer juga akan mencetak.


Kemudian matikan printer dan hidupkan lagi, sekarang printer anda sudah direset, kembali ke pengaturan awal.

Nah dengan begitu, pesan "penyerapan tinta hampir penuh" tidak akan muncul lagi, semoga tutorialnya bermanfaat untuk kita semua, jika ada tambahan, kritik dan saran silahkan sampaikan lewat kolom komentar, terimakasih.
0 Komentar untuk " MENGATASI PENYERAPAN TINTA HAMPIR PENUH/INK ABSORBE FULL PADA PRINTER CANON "

• berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan.
• dilarang berkomentar berbau pornografi, sara dan semacamnya.
• dilarang komentar spam.

Ayo langganan artikel broedi.com, gratis!

Back To Top