TIPS CARA AMAN BERBELANJA VIA ONLINE (ONLINE SHOP, MARKETPLACE, E-COMMERCE)

broedi.com - Saat ini perkembangan jual beli online di Indonesia bisa dibilang sangat meningkat pesat, semua orang bisa dengan mudah berbelanja via online, tinggal klik and klik, pesanan diantar sampai depan rumah, namun beriringan dengan pesatnya peningkatan jual beli secara online, bukan berarti jual beli secara online ini 100% aman, banyak juga para penjual online yang melakukan penipuan, misalnya saat kita membeli Smartphone, ternyata yang dikirim hanya kotaknya saja, atau yang lebih parah lagi tidak dikirim sama sekali. Untung menghindari hal seperti diatas, pada artikel kali ini saya akan share beberapa tips cara aman bagi anda yang ingin membeli barang secara online.

Saat mendengan kata online shop, marketplace dan e-commerce, apa yang muncul dipikiran anda?  banyak diantara kita yang sering menyebutkan online shop, marketplace dan e-commerce memiliki arti yang sama, padahal sebenarnya berbeda, sedikit saya akan share perbedaan dari  online shop, marketplace dan e-commerce.

Di Toko online atau  online shop biasanya kita sebagai pembeli masih bisa tawar-menawar soal harga, dari segi medianya, walaupun beberapa online shop sudah memiliki web toko online sendiri, mereka biasanya lebih aktif melayani para calon pembelinya melalui media sosial, seperti Whatsapp, BBM, LINE, Instagram, Facebook, Twitter, contoh online shop yang terpercaya adalah Dream and Hope Shoes, online shop ini menjual sepatu dan tas wanita, semua barangnya dibuat sendiri secara handmade, online shop ini juga pernah diliput oleh salah satu televisi swasta. 

Sekarang lanjut ke marketplace, marketplace adalah media sebagai tempat para penjual menjual barang dagangannya, jika diibaratkan marketplace adalah pasar, kalian adalah pedagangnya, jadi semua barang yang dijual di marketplace bukan milik si marketplace tersebut, tapi milik si penjual. Disini kelebihan marketplace adalah tidak hanya sebagai media berjualan saja, marketplace juga membantu mempromosikan serta memfasilitasi transaksi antara penjual dan pembeli (rekber), jadi akan terjalin rasa percaya antara pembeli dan penjual, banyak contoh marketplace yang ada di Indonesia, seperti olx, tokopedia dan bukalapak, biasanya para pelaku online shop juga menjual barangnya melalui marketplace.

Selanjutnya adalah E- Commerce, tidak jauh beda dengan marketplace, untuk berbelanja di E-Commerce anda tinggal pilih barang dan klik beli lalu transfer uang, bedanya adalah semua barang yang dijual adalah sebagian besar adalah milik E-Commerce itu sendiri, ada juga beberapa barang yang dijual adalah milik pihak ke 3, namun tetap atas nama E-Commerce itu sendiri, uang yang kita transfer juga tidak melalui rekber, tapi langsung masuk ke E-Commerce tersebut, contoh e-commerce di indonesia adalah Lazada, Blibli, Mataharimall, Zalora dll.

Karena medianya berbeda, tentu tingkat keamanannya juga berbeda, kali ini saya akan bahas satu per satu tips cara aman bagi anda yang ingin berbelanja secara aman di online shop, marketplace dan e-commerce.

Tips cara Aman Berbelanja di Online Shop
  • Selidiki dulu jejak online shop tersebut di media sosial, lihat dari komentar-komentar pembelinya, apakah ada yang kecewa atau tidak, cek juga akun pengguna yang komentar itu, apakah itu akun asli atau hanya akun palsu buatan si pemilik online shop untuk menarik pembeli.
  • Lihat barang yang dijual, jika terlalu mahal, tinggalkan saja, jika terlalu murah, anda juga patut curiga. Cara melihat perbandingannya adalah bandingkan barang serupa dengan harga pasaran disekitarmu, atau di online shop lainnya.
  • Ajaklah bertransaksi secara rekber (rekening bersama), atau anda juga bisa untuk meminta alamatnya agar anda bisa mengunjungi langsung untuk mengecek keasliannya.
 Tips cara Aman Berbelanja di Marketplace
  • Lihat feedbeck penjual, apakah lebih banyak pembeli yang puas atau justru banyak pembeli yang kecewa, di tokopedia dan bukalapak kita bisa dengan mudah untuk mengeceknya.
  • Sebelum membeli, tanyakan terlebih dahulu apakah stok masih tersedia atau sudah habis.
  • Jangan tergiur harga murah, bisa saja itu barang palsu, walaupun anda bisa mengembalikan barang tersebut dengan jaminan uang kembali (menurut saya itu sangat merepotkan), tapi alangkah baiknya untuk lebih berhati-hati.
  • Ajak COD (Cash on Delivery) atau KCDB (Ketemuan Cek Deal Bayar) si penjual, ini berlaku untuk olx.
  Tips cara Aman Berbelanja di E-Commerce
  • Kenali lebih dalam produk yang akan anda beli, karena biasanya foto barang yang ditampilkan di website terlihat mewah, namun setelah melihat aslinya, justru hanyabarang biasa saja.
  • Jangan mudah tergiur dengan diskon yang ditawarkan, karena biasanya banyak diskon "menjebak"yang bertebaran, seperti dapat diskon setelah belanja produk tertentu di jam tertentu dan dengan media pembayaran tertentu, ribet kan?
  • Perhatikan ratting dari produk yang ditampilkan, cek juga kelengkapan produk yang dijual, bisa saja harga yang murah karena beberapa kelengkapan produknya dikurangi.

Itu tadi adalah beberapa tips cara aman berbelanja via online, setiap media memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, saya pernah berbelanja via online shop, marketplace dan e-commerce, secara pribadi saya lebih puas berbelanja di marketplace seperti tokopedia dan bukalapak, berbelanja disitu sangat aman, selain harganya lebiih murah, bila saya membeli dalam jumlah banyak akan ada potongan harga, dan saya juga bisa memilih kurir pengiriman. Mungkin kalian juga ada pengalaman menyenangkan atau tidak menyenangkan tentang berbelanja online? anda bisa dishare di komentar.
0 Komentar untuk " TIPS CARA AMAN BERBELANJA VIA ONLINE (ONLINE SHOP, MARKETPLACE, E-COMMERCE) "

• berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan.
• dilarang berkomentar berbau pornografi, sara dan semacamnya.
• dilarang komentar spam.

Ayo langganan artikel broedi.com, gratis!

Back To Top