LUPAKAN SEO, BAGI SAYA SEO ITU MENJEBAK


Pernah mendengar judul diatas? kata itu bukan diucapkan oleh saya ataupun orang awam, tetapi oleh orang yang berprofesi dan ahli sebagai Internet Marketer, dia adalah Wientor Rah Mada pemilik situs bixbux.com. Beberapa waktu lalu saya membaca artikel yang berisi tentang interview dengan para blogger-blogger sukses di Indonesia, artikel yang saya dimaksud adalah sebuah artikel yang diposting PanduanIM.

Didalam artikel tersebut banyak pesan dan tips-tips dari para blogger-blogger ternama bagaimana mereka bisa sukses, artikel ini sangat menarik sekali buat saya yang ingin mengikuti jejak mereka menjadi blogger sukses.

Sampai ditengah-tengah saya membaca, saya terkejut dengan salah satu Blogger, karena jawabannya yang menurut saya syarat kontroversi, dimana dia berkata "Lupakan SEO, bagi saya SEO itu menjebak". Menurutnya blogger tidak perlu melakukan riset keywords/ kata kunci untuk membuat konten di blog, itu hal yang sia-sia, blogging ya blogging saja, ceritakan pengalamanmu dan bagikan ilmumu dengan cara yang baik.

Disitu saya bingung, disatu sisi menurut banyak orang SEO itu penting, disisi lain, kata-kata dari Ahli Internet Marketer itu benar juga, seandainya pernyataan ini hanya dikatakan oleh orang awam sudah pasti saya abaikan, tetapi berhubung ini dikatakan oleh orang yang ahli dibidang Internet Marketer, saya menjadi bingung dan penasaran, kenapa dia bisa bilang bahwa  SEO itu menjebak?

Menurutnya, banyak sekarang para blogger terjebak oleh SEO, mereka memaksakan diri mengoptimasi blognya agar cepat masuk halaman utama search engine. Sekali lagi, pernyataan beliau benar, saya pernah menemukan salah satu artikel yang isinya di paragraf pertama pada artikelnya adalah kata kunci semua, artikel seperti ini tidak bermanfaat untuk para pembacanya, cara seperti ini sering disebut Keyword Stuffing.

Isinya kurang lebih seperti ini :
"Pada postingan kali ini saya akan memberikan tutorial cara meningkatkan visitor, cara menaikan traffik, cara meningkatkan pengunjung, cara menaikkan visitor dalam beberapa hari, cara menaikkan visitor dalam 3 langkah dst......"

Terlihat memaksakan bukan? Terlihat sekali bahwa si penulis hanya ingin artikelnya berada diatas hasil pencarian. Ingat ya, kita membuat konten untuk dibaca manusia, bukan untuk dibaca mesin pencari, tetapi tidak apa-apa, itu hak setiap masing-masing individu, kita tidak berhak menyalahkan dan membenarkan.


Kesimpulan :
Terlepas dari pernyataan beliau diatas, kita berhak berpendapat bahwa SEO itu penting  atau tidak, kembali lagi ke tujuan kita ngeblog, lakukanlah karena hobi, bahwa sebenarnya dengan ngeblog akan mendatangkan rasa puas untuk kita, puas telah berbagi, puas karena konten kita dilihat banyak orang, puas karena konten kita dapat menyelesaikan masalah si pembaca, dan yang paling membanggakan adalah puas karena konten kita berguna bagi banyak orang.
3 Komentar untuk " LUPAKAN SEO, BAGI SAYA SEO ITU MENJEBAK "

Kalau menurut saya SEO mah wajib buat blog kalau kagak seo yah blog kita pengunjungnya segitu gitu aja

Yang penting Pengunjung kita banyak dan tertahan di blog kita sudah senang ane

• berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan.
• dilarang berkomentar berbau pornografi, sara dan semacamnya.
• dilarang komentar spam.

Ayo langganan artikel broedi.com, gratis!

Back To Top