PERBEDAAN VISITOR DAN PAGEVIEW - KHUSUS PEMULA

broedi.com - Bagi orang-orang yang berkecimpung didunia blogging, pasti sering sekali mendengar istilah visitor dan pageview, untuk para master blogger (sebutan untuk orang yang sudah lama menekuni dunia blogger) tentu sudah tahu dan sangat mudah membedakan mana yang visitor mana yang pageview, maka dari itu sesuai judul diatas saya memberi keterangan tambahan dibelakang judul "Khusus Pemula", jadi artikel ini ditujukan bagi para pemula yang ingin belajar ngeblog. 

Kembali lagi ke topik, bagi pemula yang baru bergabung di dunia blogging, sering kali kedua istilah ini diartikan sama, sama-sama orang yang mengunjungi blog kita, padahal berbeda, dari arti katanyanya pun sudah berbeda, visitor adalah pengunjung, pageview adalah jumlah penayangan. Oke, sampai disini sudah tahu apa bedanya? masih belum, simak terus artikel ini sampai habis.

Sekarang kita jabarkan :
Visitor adalah orang yang mengunjungi situs kita, visitor bisa datang dari search engine, media sosial, backlink yang kita pasang di situs lain, atau langsung menuju ke situs kita.

Pageview adalah jumlah halaman yang dibuka oleh visitor. Bagaimana sudah mengerti sampai sini?

Contoh : satu orang mengunjungi situs kita, anggap saja dia mengunjungi situs kita karena situs kita muncul di pencarian yang dia lakukan dari search engine, dia membuka lima artikel berbeda pada situs kita, jadi berapa visitor dan pageviewnya? Jawabannya adalah Visitornya 1 pageviewnya 5.

Jumlah pageview bisa lebih banyak atau paling tidak sama dengan visitor, tetapi tidak mungkin lebih sedikit dari visitor, Kenapa? karena satu visitor sudah pasti membuka satu halaman dan memungkinkan untuk membuka halaman lain.

Sekarang adalah bagaimana cara mengetahui jumlah visitor dan pageview?
Untuk blog berplatform Blogger, melihat pageview lebih mudah ketimbang melihat visitor, untuk melihat pageview cukup dengan membuka tab Iktisar, disitu akan terlihat jelas jumlah pageview.

namun untuk melihat visitor dibutuhkan tools pihak ketiga, seperti Google Analystics dan Histats, bila blog kamu belum terdaftar di kedua tools itu sebaiknya kamu segera mendaftarkannya. Bagi yang belum tahu caranya semoga artikel Cara Mudah Mendaftarkan Blog Di Histats dan Cara Mudah Mendaftarkan Blog ke Google Analystics dapat membantu.

Semoga artikel diatas dapat menjelaskan tentang perbedaan Visitor dan Pageview, jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tanya dikolom komentar.

2 Komentar untuk " PERBEDAAN VISITOR DAN PAGEVIEW - KHUSUS PEMULA "

Wahaha, ane dulu bingung antara visitor dan pageview, terimakasih pencerahannya gan :)

• berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan.
• dilarang berkomentar berbau pornografi, sara dan semacamnya.
• dilarang komentar spam.

Ayo langganan artikel broedi.com, gratis!

Back To Top