BEBERAPA HAL YANG MENYEBABKAN TRAFIK BLOG/VISITOR MENURUN

broedi.com - Naik turunnya trafik blog memang sangat wajar terjadi pada semua blog tidak terkecuali blog-blog besar, turunnya trafik blog bisa dikatakan wajar apabila turunnya trafik hanya sekitar 1-5% dan di hari berikutnya ada peningkatan sekitar 6-8%. Namun jika penurunan trafik blog tidak diimbangi dengan peningkatan trafik blog, seperti turunnya 5% naiknya hanya 3%, terus begitu dihari-hari selanjutnya, lama-lama trafik blog akan turun drastis. Jika sudah terjadi seperti ini, sebaiknya anda segera mengecek apa sebenarnya yang salah dengan blog anda.

BEBERAPA HAL YANG MENYEBABKAN TRAFIK BLOG/VISITOR MENURUN

Anda bisa mencari berbagai referensi di internet tentang penyebab kenapa trafik blog bisa menurun, saya juga pernah membaca beberapa artikel yang membahas tentang penyebab turunnya trafik blog, diantaranya adalah :

Blog anda terkena penalty dari Google
Blog anda terkena penalty oleh Google adalah karena anda melakukan handsball atau pelanggaran keras di area kotak penalty, alhasil Google langsung mengganjar anda dengan memberikan penalty kepada lawan, hehe cuma bercanda ya, ini bukan penalty di sepak bola.
Jika blog anda dianggap menyalahi aturan dan kebijakan Google, sudah pasti blog anda terkena penalty dari Google yang menyebabkan blog anda tidak bisa diakses, blog yang menjadi incaran penalty oleh Google adalah Blog Spam, Blog Copas, dan Blog AGC (Auto Generate Content.
untuk mengetahui apakah blog anda terkena penalty atau tidak oleh google, anda bisa cek dengan tools ini pixelgroove.com/serp/sandbox_checker, ketikkan URL blog anda dan klik 'Check!'.

Solusi : Buatlah blog sesuai dengan kebijakan google, jangan buat blog yang menyalahi kebijakan google dan tidak membawa manfaat positif bagi pembaca.

Keyword Stuffing
Keyword Stuffing adalah artikel yang sebagian besar isinya hanya kumpulan kata kunci dan sedikit sekali isi tentang topik yang dibahas, artikel seperti ini sangat tidak bermanfaat, artikel ini dibuat tujuannya adalah untuk mengelabuhi mesin pencari terutama Google Search, agar artikelnya masuk disemua pencarian, tapi ingat, google tidak bodoh, dengan gampang meraka bisa mencari artikel-artikel ini dan mendepaknya dari pencarian, jika anda punya artikel seperti itu, segera hapus.

Solusi : ubah gaya anda membuat artikel, pemberian kata kunci terlalu banyak tidak akan memberikan manfaat, berikan kata kunci sewajarnya pada paragraf utama.

Sering Ganti Template
Salah satu penyebab trafik blog menurun salah satunya adalah anda terlalu sering gonta-ganti template, walaupun banyak template gratis dan bagus-bagus bertebaran bukan berarti anda bisa asal ganti template seenaknya, karena hal ini sangat berpengaruh terhadap trafik blog anda, karena struktur setiap template berbeda, ini beberapa dampak negatif karena sering ganti template:
  • Blog anda dianggap blog yang belum siap oleh para visitor, karena mereka menganggap anda belum menemukan setelan yang pas untuk tampilan blog anda, dan mereka benar dalam hal ini.
  • Anda bisa dianggap melakukan tindakan spam oleh Google, jangan ditanya lagi apa yang akan terjadi selanjutnya.
  • Anda harus menata ulang link-link tautan halaman, widget dan lain-lain, merepotkan!
  • Link rusak semakin banyak
  • Alexa Rank menurun
Solusi : Pilih satu template yang pas dan akan anda pakai dalam jangka panjang, jika seandainya anda tetap ingin mengganti template, pertimbangkan hal-hal diatas dan pastikan anda mengerti soal HTML dan SEO.

Banyak Komentar Spam
Jangan bangga jika artikel anda dikomentari oleh banyak orang, apalagi isi komentarnya hanya promosi dengan link aktif, jika hanya beberapa saja mungkin masih aman, tapi jika semua komentar pada blog anda dominan adalah komentar spam, Google tidak akan tinggal diam dan akan segera ambil tindakan.

Solusi : aktifkanlah fitur moderasi komentar pada blog (setelan > pos dan komentar > moderasi komentar : selalu > simpan)

nah itu tadi adalah beberapa hal yang menyebabkan trafik blog/visitor menurun berikut dengan solusinya, kriteria blog yang dimaksud pada artikel ini adalah  blog yang sudah punya trafik tinggi lalu tiba-tiba turun drastis, bukan blog yang belum punya trafik tinggi dan trafiknya naik turun.

Jika ada tambahan, kritik dan saran bisa anda kirimkan lewat komentar, tambahan yang menarik dari anda bisa saya tambahkan kedalam artikel ini.
0 Komentar untuk " BEBERAPA HAL YANG MENYEBABKAN TRAFIK BLOG/VISITOR MENURUN "

• berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan.
• dilarang berkomentar berbau pornografi, sara dan semacamnya.
• dilarang komentar spam.

Ayo langganan artikel broedi.com, gratis!

Back To Top