CARA MUDAH MELAKUKAN PING PADA BLOG

broedi.com - untuk sebuah blog baru biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama agar artikelnya dapat terindeks di halaman pertama dalam search engine, untuk mempercepat agar artikel kita terindeks oleh search engine adalah dengan melakukan ping.

Ping bertujuan untuk memberi tahu search engine bahwa blog kita sudah update atau kita sudah memposting  artikel baru. Sampai saat ini penggunaan Ping masih menjadi polemik apakah diperbolehkan atau tidak, tapi bukan berarti ilegal ya, selama penggunaannya masih wajar sah-sah saja, gunakanlah ping ini seminggu sekali atau sebulan sekali, jika terlalu sering blogmu bisa dianggap spam.

Ada beberapa situs yang menyediakan toosl untuk melakukan ping blog. Berikut adalah caranya :

Google Ping
Google Ping adalah salah satu yang paling banyak digunakan, karena layanan ini punya si Google yang juga si pemilik Blogger, penggunaannya juga cukup mudah, kamu tinggal isikan Nama blog, URL blog, RSS Url blogmu, dan emailmu, setelah itu centang semua yang perlu dicentang, isi kode captha lalu klik 'send ping'.
Update : pada tahun lalu cara ini masih bisa digunakan, namun untuk sekarang www.googleping.com tidak bisa diakses.

Google Blog Search
Masih dari Google, ping dari Google Blog Search lebih mudah dari Google Ping, kamu cukup isikan URL blogmu atau URL artikelmu, contoh farracom.blogspot.co.id atau farracom.blogspot.co.id//2015/05/hati-hati-komisifbcom-penipuan.html. Google Blog Search yang masih dalam tahap beta ini memang ditujukan bagi pengguna blogspot, dan bila blogspotmu sudah dipasang domain TLD kamu tetap bisa ping disini, coba saja!
Ping Sitemap
Jika yang dua diatas adalah dari Google, kali ini bukan dari Google, sesuai namanya, di PingSitemap yang di ping adalah sitemapmu, penggunaanya juga mudah, kamu tinggal kunjungi  Ping sitemap, lalu ketikkan URLmu lalu tambahkan /sitemap.xml, contoh : http://www.broedi.com/sitemap.xml lalu tekan submit. Disini kamu bisa melihat status Ping apakah notified atau failed di berbagai search engine, seperti Google, Yahoo! Search, Bing (MSN), Ask, dan Moreover.

 masih banyak lagi sebenarnya situs yang memberikan tools ping ini, jika ingin mencobanya silahkan search di google.

Cara diatas adalah alternatif, bila ingin yang aman, pada setiap artikel yang kamu publish, kamu bisa sumbitkan URLnya di Google Submit.
2 Komentar untuk " CARA MUDAH MELAKUKAN PING PADA BLOG "

Bedanya nge ping sama "fetch as google" di GWT apa ya kak?

Salam
Sifat

nge ping dengan fetch as google di GWT tujuannya sama, agar artikel blog cepat terindeks, namun yang berbeda adalah caranya, bila fetch as google dilakukan di GWT kalau ngeping dilakukan di web yang tertera di artikel diatas. mungkin lain kali saya bisa membahas tentang ini di artikel selanjutnya, terimakasih sudah berkunjung semoga pertanyaanmu terjawab

• berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan.
• dilarang berkomentar berbau pornografi, sara dan semacamnya.
• dilarang komentar spam.

Ayo langganan artikel broedi.com, gratis!

Back To Top