CARA MUDAH MEMBUAT CR CODE DAN VISUAL QR CODE

broedi.com - Kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat qr code, tapi sebelum kita membahas cara membuatnya. kita ketahui dulu, apa itu QR Code dan sejarahnya.

Seperti yang dikutip dari Wikipedia, QR Code adalah kode matriks atau kode batang 2 dimensi, QR Code dikembangkan oleh Denso Wave pada tahun 1994, Denso Wave adalah sebuah perusahaan asal jepang yang bergerak dibidang pembuatan scanner barcode, robot (peruntukan pabrik) dan software.

QR code adalah bentuk evolusi dari kode batang 1 dimensi, tahu kan kode batang 1 dimensi, biasanya banyak kita jumpai di belakang cover buku, atau yang paling umum ada di belakang produk-produk yang banyak dijual dipasaran. QR Code lebih populer pertama kali di jepang karena kelebihannya yang dapat menyimpan informasi secara  horisontal maupun vertikal, sehingga QR Code dapat menyimpan lebih banyak informasi daripada kode batang 1 dimensi, dimana kode batang 1 dimensi hanya dapat menyimpan informasi secara hotisontal.

Dalam kehidupan sehari-hari QR Code sering kita jumpai, seperti pin bbm, QR Code url situs, dan lain-lain, sebagai contoh, coba kamu scan QR Code diatas, maka kamu akan langsung tertuju ke www.broedi.com, untuk cara memindainya pun sangat mudah, saya yakin kalian semua bisa, instal aplikasi pemindai QR Code di play store, lalu pindai dengan cukup dengan cara mendekatkan kamera smartphone ke QR Code seperti akan memotretnya, usahakan tangan jangan banyak bergerak, cukup butuh waktu 3-5 detik untuk membaca QR Code. QR code bisa menyimpan data seperti Nomor telepon, URL situs, teks, dan sms.

Cukup untuk penjelasannya, untuk lebih jelasnya kamu bisa baca langsung di Wikipedia, sekarang kita kembali lagi sesuai judul, Cara mudah membuat CR Code.

membuat QR Code sangatlah gampang, kita bisa memanfaatkan Web QR Code generate  yang ada di internet, ada yang berbayar maupun gratis, sekarang kita gunakan saja yang gratis, wong ada yang gratis kok pake bayar, eman-eman duite lah hehe.

1. untuk langkah pertama silahkan kunjungi https://www.the-qrcode-generator.com
seperti yang saya jelaskan diatas tadi, kamu bisa membuat teks, sms, url, contak ke dalam bentuk QR Code, pilih sesuai keinginanmu, disini saya pilih membuat URL kedalam bentuk QR Code.
Pilih tab URL, masukkan URL situsmu, lalu klik 'save'.


2. Selanjutnya save QR Code dalam bentuk gambar berformat .png agar mudah digunakan (diupload di medsos, dibuka lewat smartphone, dan lain-lain)

hasilnya seperti ini :

Bagaimana, cukup mudah bukan?
Nah sekarang kita coba membuat Visual QR Code, seiring perkembangan teknologi, kamu juga bisa membuat QR Code dengan backround fotomu, seperti ini, jadi terlihat lebih menarik bukan?


 Siapa yang mau buat seperti diatas? penasaran, ini caranya :

1. silahkan kunjungi http://www.visualead.com
Sign in saja dengan Facebook biar lebih mudah.

2. setelah proses login selesai kamu akan dibawa ke halaman utama, klik tanda panah 'create QR Code'

3. Pilih URL, kamu bisa memilih tipe, mau Website URL, Facebook URL atau URL medsos lainnya, klik saja gambarnya, disini saya pilih Website URL QR Code.

4. isikan URL yang akan dibuat QR Code

5. selanjutnya upload fotomu, klik 'Upload Your Image'

6. atur posisi QR Code, bisa kamu geser dan perbesar, jika dirasa sudah pas klik 'Create QR Code', lalu klik 'next'.

7. simpan gambar dengan klik 'download'
8. sebelum kamu mengunduh, kamu bisa memilih apakah link download akan dikirim ke emailmu, image format, marker shape, dot shape, image effect, pilih sesuai seleramu, setelah itu klik 'download'
dan Visual QR Code milikmu sudah jadi, kamu bisa pamer dengan share ke teman-temanmu.
0 Komentar untuk " CARA MUDAH MEMBUAT CR CODE DAN VISUAL QR CODE "

• berkomentarlah dengan bahasa yang baik dan sopan.
• dilarang berkomentar berbau pornografi, sara dan semacamnya.
• dilarang komentar spam.

Ayo langganan artikel broedi.com, gratis!

Back To Top